Tutorial Microcontroller MCS-51 ATMEL ISP
 

 

Super MCS51 Trainer

Standart MCS51 Trainer

Standart AVR Trainer

Programmer USBASP

Standart ARM Trainer

 

 

Percobaan PWM

PWM (Pulse Width Modulation) atau modulasi lebar pulsa adalah salah satu keunggulan Timer/Counter yang terdapat pada Atmega8535. Ketiga jenis Timer/Counter pada Atmega8535 dapat menghasilkan pulsa PWM. Pulsa PWM adalah sederetan pulsa yang lebar pulsanya dapat diatur. Pulsa PWM berfungsi mengatur kecepatan motor DC, mengatur gelap terang LED dan aplikasi lainnya.

Mode 1 (PWM, Phasa Correct) : Timer/counter 0 berfungsi sebagai phase correct PWM (PCP). Mode ini digunakan untuk menghasilkan sinyal PWM dimana nilai register counter (TCNT0) yang mencacah naik dan turun secara terus menerus akan selalu dibandingkan dengan register pembanding 0CR0. Hasil pembandingan register TCNT0 dan OCR0 digunakan untuk membangkitkan sinyal PWM yang dikeluarkan pada pin OC0 seperti gambar

Pada mode 1, mode PWM phasa correct, counter TCNT0 akan mulai menghitung dari nilai 0, dan set pin OC0 =1, dan terus melakukan proses pencacahan naik. Ketika nilai cacahan pada TCNT0 sama dengan nilai pembanding OCR0, maka output dari OC0 =0, dan counter akan terus mencacah naik sampai nilai TOP (dalam hal ini 255, untuk counter 8 bit), dan mulai melakukan pencacahan turun dan output OC0=1 pada saat nilai TCNT0 = OCR0, dan mengulang keseluruhan siklus secara terus menerus. Pada gambar tersebut menjelaskan mode operasi normal non inverted.
Frekuensi dan duty cycle PWM yang dihasilkan pada mode ini adalah:

Prosedur percobaan

1. Hubungkan rangkaian seperti yang ditunjukkan pada gambar

2. Lakukan konfigurasi pada codevision untuk PWM mode 1

3. Sisipkan program berikut ini:

while (1)
{
OCR0=50;
}

NEXT