Microcontroller Kits
Simple Mikrokontroller 89s51 Trainer
Standart
Mikrokontroller 89s51 Trainer
Super Mikrokontroller Trainer 89s51
All Kits
Programmer via USB Port
ย
PERCOBAAN
SAKLAR PUSH BUTTON
TUJUAN:
1 Mahasiswa memahami rangkaian mikrokontroller dengan interface ke saklar
2. Mahasiswa dapat memahami program assembly untuk mengambil data saklar dan mengeluarkan data ke LED.
3. Mahasiswa memahami beberapa instruksi assembly dasar, MOV, Setb, Clr, RL dan RR.
Gambar 2.2. Rangkaian Interface Push Button
Pada gambar 2.2.a tersebut tampak rangkaian push button, bila saklar ditekan maka port sesuai dengan bit tersebut akan mendapat logika low โ0โ dan sebaliknya bila saklar tidak ditekan maka port tersebut akan mendapat logika high โ1โ.
Percobaan 2.1. Ambil Data Saklar
Pada percobaan ini, LED akan nyala bila saklar ditekan sesuai dengan bit tersebut.
Untuk melakukan percobaan ini lakukan beberapa langkah sebagai berikut:
1. Buka jumper pada EN_DAC apabila sedang terhubung.
2. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan power supply +5V
3. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan rangkaian programmer
4. Buka Program M-IDE Studio for MCS-51, sebagai editor dan compiler program
5. Ketik program berikut ini: (download file prog21a.asm
Org 0hStart: Mov A, P2 ;Ambil data dari P2 dan Simpan ke A Mov P0, A ;Kirim data A ke P0 sjmp start end
6. Simpanlah program yang anda ketik dan beri nama : prog21a.asm
7. Pada program MIDE tersebut pilih Build /F9 atau untuk melakukan kompilasi program dari *.asm ke *.hex.
8. Lakukan pemrograman mikrokontroller dengan menggunakan Program ISP Software ( Lihat Petunjuk Penggunaan)
9. Lakukan pengamatan pada LED.
Saklar |
Kondisi LED yang Nyala (D1-D2-D3-D4-D5-D6-D7-D8) |
SW1 |
ย |
SW2 |
ย |
SW3 |
ย |
SW4 |
ย |
SW5 |
ย |
SW6 |
ย |
SW7 |
ย |
SW8 |
ย |
Komentar, pertanyaan dan diskusi tentang topik tersebut. Klik disini
ย
HARDWARE
1.Target
2.Programmer
DASAR TEORI1.Organisasi Mem
1.1. Mem.Data
1.2. Mem.Prog
1.4. SFR2.Pengalamatan3.Set Instruksi
3.1.Copy Data
3.2.Aritmatika
3.3.Logika
3.4.Lompatan4.Interupsi5.Timer Counter6.Serial Kom.7.Bahasa Assemb.8.Perangkat LunakMIDE dan ISP Soft.
PERCOBAAN 1
LED
PERCOBAAN 2
SAKLAR
PERCOBAAN 3
7 Segmen
PERCOBAAN 4
LCD Character
PERCOBAAN 5
ADC
PERCOBAAN 6
DAC
PERCOBAAN 7
Keypad
PERCOBAAN 8
Motor Stepper
PERCOBAAN 9
Timer Counter
PERCOBAAN 10
Komunikasi Serial
PERCOBAAN 11
Interupsi
PERCOBAAN 12
Keyboard PC
PERCOBAAN 13
Printer Dot Matr.
PERCOBAAN 14
RTC12C887
PERCOBAAN 15
P W M
ย
ย