Microcontroller Kits
Simple Mikrokontroller 89s51 Trainer
Standart
Mikrokontroller 89s51 Trainer
Super Mikrokontroller Trainer 89s51
All Kits
Programmer via USB Port
ย
PERCOBAAN 3
DISPLAY 7 SEGMEN
TUJUAN:
1. Mahasiswa memahami rangkaian interface mikrokontroller dengan 7 segmen
2. Mahasiswa dapat memahami program assembly untuk menampilkan data ke 7 segment
3. Mahasiswa memahami beberapa instruksi assembly dasar, MOV, Setb, Clr, dan waktu tunda.
(a)
(b)
Tabel 3.1. Tabel kebenaran 74LS138
INPUT SELECTOR |
ENABLE |
OUTPUT |
|||||||||||
|
|
|
G1 |
/G2A |
/G2B |
Y1 |
Y2 |
Y2 |
Y3 |
Y4 |
Y5 |
Y6 |
Y7 |
Pada tabel kebenaran tersebut tampak bahwa seven segmen yang hidup tergantung pada output dari dekoder 74LS138, yang sedang mengeluarkan logika low โ0โ, sehingga dari 8 buah display tersebut, selalu hanya satu display yang akan dihidupkan. Agar display tampak nyala secara bersamaan maka ketiga display tersebut harus dihidupkan secara bergantian dengan waktu tunda tertentu.
Pada gambar tersebut seven segment commont anoda dikendalikan dengan menggunakan transistor PNP melalui decoder 74LS138, apabila ada logika low pada basis transistor, maka 7 segment akan nyala dan sebaliknya akan padam.
Gambar 3.2 Modul 7 Segment tunggal
Tabel 3.2. Data Display 7 Segmen
P0.6 |
P0.5 |
P0.4 |
P0.3 |
P0.2 |
P0.1 |
P0.0 |
Display |
Pada tabel tersebut tampak bahwa untuk menghidupkan sebuah segmen, harus dikirimkan data logika low โ0โ dan sebaliknya untuk mematikan segmen, harus dikirimkan data logika high โ1โ.
Percobaan 3.1. Tulis Sebuah Karakter pada 7 Segmen ( Display 1 )
Pada percobaan ini, karakter โAโ akan ditampilkan pada 7 Segmen Display 1
Untuk melakukan percobaan ini lakukan beberapa langkah sebagai berikut:
1. Hubungkan jumper 7Segmen_EN, untuk mengaktifkan Decoder 74LS138
2. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan power supply +5V
3. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan rangkaian programmer
4. Buka Program M-IDE Studio for MCS-51, sebagai editor dan compiler program
5. Ketik program berikut ini: (download file prog31a.asm
org 0hstart: clr P3.5 ; P3.5 = โ0โ clr P3.6 ; P3.6 = โ0โ clr P3.7 ; P3.7 = โ0โ mov P0,#10001000b ; Cetak Karakter 'A' sjmp start ; Lompat ke startend
6. Simpanlah program yang anda ketik dan beri nama : prog31a.asm
7. Pada program MIDE tersebut pilih Build /F9 atau untuk melakukan kompilasi program dari *.asm ke *.hex.
8. Lakukan pemrograman mikrokontroller dengan menggunakan Program ISP Software ( Lihat Petunjuk Penggunaan)
9. Lakukan pengamatan pada LED.
10.Lakukan modifikasi pada program tersebut untuk mencetak karakter lain, sesuai tabel:
Nama Karakter |
Posisi Display |
Display 2 |
|
Display 5 |
|
Display 8 |
ย
Komentar, pertanyaan dan diskusi tentang topik tersebut. Klik disini
ย
HARDWARE
1.Target
2.Programmer
DASAR TEORI1.Organisasi Mem
1.1. Mem.Data
1.2. Mem.Prog
1.4. SFR2.Pengalamatan3.Set Instruksi
3.1.Copy Data
3.2.Aritmatika
3.3.Logika
3.4.Lompatan4.Interupsi5.Timer Counter6.Serial Kom.7.Bahasa Assemb.8.Perangkat LunakMIDE dan ISP Soft.
PERCOBAAN 1
LED
PERCOBAAN 2
SAKLAR
PERCOBAAN 3
7 Segmen
PERCOBAAN 4
LCD Character
PERCOBAAN 5
ADC
PERCOBAAN 6
DAC
PERCOBAAN 7
Keypad
PERCOBAAN 8
Motor Stepper
PERCOBAAN 9
Timer Counter
PERCOBAAN 10
Komunikasi Serial
PERCOBAAN 11
Interupsi
PERCOBAAN 12
Keyboard PC
PERCOBAAN 13
Printer Dot Matr.
PERCOBAAN 14
RTC12C887
PERCOBAAN 15
P W M
ย
ย