logo

Select Sidearea

Populate the sidearea with useful widgets. Itโ€™s simple to add images, categories, latest post, social media icon links, tag clouds, and more.
[email protected]
+1234567890
 

Tutorial Microcontroller MCS-51 ATMEL ISP

Tutorial Microcontroller MCS-51 ATMEL ISP

PelatihanMikrokontroller
89S51

Microcontroller Kits

Programmer and Target 89s51
image

Simple Mikrokontroller 89s51 Trainer
image

Standart
Mikrokontroller 89s51 Trainer
image

Super Mikrokontroller Trainer 89s51
image

Dot matrix Trainer
ATMEGA8

image

All Kits

Programmer via USB Port

image

ย 

PERCOBAAN 12
INTERFACE KE KEYBOARD PC PS/2

TUJUAN
1. Mahasiswa memahami rangkaian interface keyboard PC PS/2
2. Mahasiswa memahami bahasa pemrograman assembly pengambilan data keyboard PC
3. Mahasiswa dapat menampilan data keyboard PC ke berbagai macam display antara lain, LCD Karakter dan 7 Segmen

TEORI
Antarmuka keyboard standard adalah hubungan komunikasi serial. โ€œSerialโ€ yang menandakan bahwa data dikirim satu bit pada suatu waktu tertentu pada satu jalur tunggal. Serial komunikasi dipilih untuk antara muka keyboard karena hal ini simple dan mudah diterapkan, dan tidak banyak data per detik yang harus dikirimkan pada antar muka keyboard.
Ada empat jalur yang menghubungkan keyboard dan PC. Dua dari ini adalah power supply dan ground, yang digunakan untuk memberikan daya ke rangkaian keyboard. Dua sinyal yang lain adalah sebagai berikut:
1. Data Keyboard: Disinilah jalur bit-bit data dan perintah yang akan dikirimkan ke sistem PC dari keyboard.
2. Clock Keyboard: Ini merupakan sinyal clock regular, dengan suatu nilai yang berosilasi dari logika โ€œ1โ€ ke โ€œ0โ€ dengan pola yang teratur. Tujuan dari sinyal clock ini adalah untuk mensinkronisasi keyboard dan sistem, sehingga merekan selalu bekerja secara bersamaan.
Keyboard PC AT yang terkoneksi, hanya menggunakan empat buah kabel, kabel ini ditunjukkan pada gambar dibawah, untuk 5 pin DIM dan PS/2.

image
5 PIN DIN
(a)
1.KBD Clock
2.KBD Data
3.N/C
4.GND
5. +5V (VCC)
image
6 PIN DIN
(b)
1. KBD Clock
2. GND
3. KBD Data
4. N/C
5. +5V (VCC)
6. N/C

Gambar 12.1. Keyboard konektor (a) XT (b) PS/2

ย 

Diagram dibawah ini menunjukkan kode scan yang menandai tombol individu. Kode scan ditunjukkan pada bagian bawah dari tombol. Contoh kode scan untuk tombol ESC adalah 76. Semua kode scan ditunjukkan dalam Hex.

Gambar 12.2. Peta data keyboard PC

Sebagaimana yang anda lihat, kode scan ditandai dengan kode yang random. Pada beberapa kasus, cara yang paling mudah untuk menerjemahkan kode scan ke ASCII adalah dengan menggunakan metode look up table.
Transmisi data, dari keyboard ke sistem, dilakukan dengan frame 11 bit. Bit pertama adalah bit start ( logika 0 ), diikuti dengan 8 bit data ( LSB first ), satau bit paristas ( paritas ganjil ) dan bit stop ( logika 1 ). Setiap bit harus dibaca pada sisi turun dari clock.

image

Gambar 12.3. Sinyal clock dan data

image

Gambar 12.4 Interface rangkaian keyboard PC PS/2

image

Gambar 12.5. Rangkaian interface LCD karakter 2×16

NEXT

Komentar, pertanyaan dan diskusi tentang topik tersebut. Klik disini

ย 

HARDWARE
1.Target
2.Programmer


DASAR TEORI
1.Organisasi Mem
1.1. Mem.Data
1.2. Mem.Prog
1.4. SFR2.Pengalamatan3.Set Instruksi
3.1.Copy Data
3.2.Aritmatika
3.3.Logika
3.4.Lompatan4.Interupsi5.Timer Counter6.Serial Kom.7.Bahasa Assemb.8.Perangkat LunakMIDE dan ISP Soft.

PERCOBAAN 1
LED

PERCOBAAN 2
SAKLAR

PERCOBAAN 3
7 Segmen

PERCOBAAN 4
LCD Character

PERCOBAAN 5
ADC

PERCOBAAN 6
DAC

PERCOBAAN 7
Keypad

PERCOBAAN 8
Motor Stepper

PERCOBAAN 9
Timer Counter

PERCOBAAN 10
Komunikasi Serial

PERCOBAAN 11
Interupsi

PERCOBAAN 12
Keyboard PC

PERCOBAAN 13
Printer Dot Matr.

PERCOBAAN 14
RTC12C887

PERCOBAAN 15
P W M

APLIKASI

ย 

ย 

imageimageimageimage