logo

Select Sidearea

Populate the sidearea with useful widgets. Itโ€™s simple to add images, categories, latest post, social media icon links, tag clouds, and more.
[email protected]
+1234567890
 

Tutorial Microcontroller MCS-51 ATMEL ISP

Tutorial Microcontroller MCS-51 ATMEL ISP


image

Microcontroller Kits

Programmer and Target 89s51
image

Simple Mikrokontroller 89s51 Trainer
image

Standart
Mikrokontroller 89s51 Trainer
image

Super Mikrokontroller Trainer 89s51
image

Dot matrix Trainer
ATMEGA8

image

All Kits

Programmer via USB Port

image

ย 

Percobaan 12.1. Pengambilan data karakter keyboard PC dan display ke LED

Pada percobaan ini data keyboard PC diinterfacekan ke mikrokontroller dengan menggunaan port P3 bit 2 dan 3. Hasil pengambilan data keyboard selanjutnya ditampilkan pada LED.
Untuk melakukan percobaan ini lakukan beberapa langkah sebagai berikut:
1. Hubungkan jumper keyboard dua kabel ke rangkaian mikrokontroller bit P3.2 dan bit P3.3.
2. Pasang jumper LED_EN
2. Hubungkan modul keyboard PC PS/2 ke konektor keybaord
3. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan power supply +5V
4. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan rangkaian programmer
5. Buka Program M-IDE Studio for MCS-51, sebagai editor dan compiler program
6. Ketik program berikut ini: (download file prog122a.asm

ย 

dispclr equ 00000001bfuncset equ 00111000bentrmod equ 00000110bdispon equ 00001100bKbdData bit P3.2KbdClock bit INT1;P3.3DataKeyboard equ 30h           ;           org 0hForever:           JB KbdClock,$           acall ambilKeyboard           jnc Forever           Mov P0, Datakeyboard           clr C           sjmp Forever           ;;============================================;Subrutine AmbilKeyboard;Subrutine berikut berfungsi untuk mendeteksi apakah keyboard ;sedang ditekan atau dilepas. Bila tombol tidak dilepas maka ;akan menuju pada subrutine ;Kybd_tidakLepas;dan memberi tanda pada bit C = 0 sehingga bila C = 0 ; maka data tidak akan dicetak;Bila tombol keyboard dilepas maka data scan code diambil ;dan dikonversi ke dengan dengan menggunakan ; look up table serta menandai bit C = 1;===========================================AmbilKeyboard:           acall ambil_scancode           cjne a,#0F0h,kybd_tidakLepas           JB KbdClock,$            acall ambil_Scancode           Setb C           Acall Konversi_Scancode           ret           ;           Kybd_tidakLepas:           Clr C           ret           ;;======================================================;Subrutine Konversi_ScanCode;Pada subrutine ini digunakan untuk menerjemahkan scan code ke bentuk 
;karakter ; dengan menggunakan look up table.;======================================================Konversi_ScanCode: Mov DPTR,#TableKeyboard movc A,@A+DPTR mov DataKeyboard,A ret ;Ambil_scanCode: clr A Jnb KbdClock,$ mov R0,#08h Ambil_ScanCode2: Jb KbdClock,$ Mov C,KbdData Rr A mov acc.7,C Jnb KbdClock,$ Djnz R0,Ambil_ScanCode2 Jb KbdClock,$ Jnb KbdClock,$ Jb KbdClock,$ Jnb KbdClock,$ ret ;delay: mov R5,#0 delay1:mov R4,#02fh djnz R4,$ djnz R5,delay1 ret ;TableKeyboard: DB 00 DB 0F9H DB 00 DB 0F5H,0F3H,0F1H,0F2H,0FCH DB 00H DB 0FAH,0F8H,0F6H,0F4H DB 0C0H DB '~' DB 00H DB 00H DB 0C1H DB 0C2H DB 00H DB 0C3H DB 'Q1' DB 00H,00H,00H DB 'ZSAW2' DB 00H,00H DB 'CXDE43' DB 00H,00H DB ' VFTR5' DB 00H,00H DB 'NBHGY6' DB 00H,00H,00H DB 'MJU78' DB 00H,00H DB ',KIO09' DB 00H,00H DB './L;P-' DB 00H,00H,00H DB 27H DB 00H DB '[=' DB 00H,00H DB 0C5H DB 0C6H DB 0AH DB ']' DB 00H DB '' DB 00H,00H,00H,00H,00H,00H,00H,00H DB 08H DB 00H,00H,00H,00H,00H,00H,00H,00H,00H,00H,00H,00H,00H,00H,00H DB 0DH DB 00H DB 0FBH DB 00H,00H,00H,00H,00H,00H,00H,00H,00H,00H DB 0F7H
end

7. Simpanlah program yang anda ketik dan beri nama : prog122a.asm
8. Pada program MIDE tersebut pilih Build /F9 atau untuk melakukan kompilasi program dari *.asm ke *.hex.
9. Lakukan pemrograman mikrokontroller dengan menggunakan Program ISP Software ( Lihat Petunjuk Penggunaan)
10. Lakukan pengamatan untuk data keyboard yang ditampilkan.

ย 

BACKNEXT

Komentar, pertanyaan dan diskusi tentang topik tersebut. Klik disini

ย 

ย 

HARDWARE
1.Target
2.Programmer


DASAR TEORI
1.Organisasi Mem
1.1. Mem.Data
1.2. Mem.Prog
1.4. SFR2.Pengalamatan3.Set Instruksi
3.1.Copy Data
3.2.Aritmatika
3.3.Logika
3.4.Lompatan4.Interupsi5.Timer Counter6.Serial Kom.7.Bahasa Assemb.8.Perangkat LunakMIDE dan ISP Soft.

PERCOBAAN 1
LED

PERCOBAAN 2
SAKLAR

PERCOBAAN 3
7 Segmen

PERCOBAAN 4
LCD Character

PERCOBAAN 5
ADC

PERCOBAAN 6
DAC

PERCOBAAN 7
Keypad

PERCOBAAN 8
Motor Stepper

PERCOBAAN 9
Timer Counter

PERCOBAAN 10
Komunikasi Serial

PERCOBAAN 11
Interupsi

PERCOBAAN 12
Keyboard PC

PERCOBAAN 13
Printer Dot Matr.

PERCOBAAN 14
RTC12C887

PERCOBAAN 15
P W M

APLIKASI

ย 

ย 

imageimageimageimage