logo

Select Sidearea

Populate the sidearea with useful widgets. Itโ€™s simple to add images, categories, latest post, social media icon links, tag clouds, and more.
[email protected]
+1234567890
 

Tutorial Microcontroller MCS-51 ATMEL ISP

Tutorial Microcontroller MCS-51 ATMEL ISP


image

Microcontroller Kits

Programmer and Target 89s51
image

Simple Mikrokontroller 89s51 Trainer
image

Standart
Mikrokontroller 89s51 Trainer
image

Super Mikrokontroller Trainer 89s51
image

Dot matrix Trainer
ATMEGA8

image

All Kits

Programmer via USB Port

image

ย 

1.2. Pengalamatan
Mode pengalamatan, mengacu bagaimana anda mengalamati suatu lokasi memori tertentu Mode pengalamatan pada set instruksi 8051 adalah ditunjukkan sebagai berikut

Immediate Addressing MOV A,#20h
Direct Addressing MOV A,30h
Indirect Addressing MOV A,@R0
External Direct MOVX A,@DPTR
Code Indirect MOVC A,@A+DPTR

1.2.1 Immediate Addressing
Immediate addressing dinamakan seperti ini, karena nilai yang akan disimpan didalam memori, secara langsung berada dalam kode.

      org 0hstart:MOV A,#20h; put constant 20 into Acc      end
Org 0hStart:MOV 70h,#0h; put constant 0 into RAM 70h      MOV 71h,#1h;       MOV 72h,#2h;       end;      Org 0h
Start:MOV DPTR,#1234h;put constant 1234 into DPTR end
 Org 0hStart:MOV PSW,#0; Select register bank 0      MOV R0,#0; put 0 into register 0      MOV R1,#1; put 1 into register 1      MOV R2,#2; put 2 into register 2      MOV R3,#3; put 3 into register 3      MOV R4,#4; put 4 into register 4      MOV R5,#5; put 5 into register 5      MOV R6,#6; put 6 into register 6      MOV R7,#7; put 7 into register 7      end      ;
org 0hStart:MOV PSW,#8; Select register bank 1      MOV R0,#0; put 0 into register 0      MOV R1,#1; put 1 into register 1      MOV R2,#2; put 2 into register 2      MOV R3,#3; put 3 into register 3      MOV R4,#4; put 4 into register 4      MOV R5,#5; put 5 into register 5      MOV R6,#6; put 6 into register 6      MOV R7,#7; put 7 into register 7      end

Immediate addressing adalah pengalamatan yang sangat cepat karena nilai yang akan diloadkan berada didalam instruksi tersebut.

1.2.2. Direct Addressing
Disebut direct addressing karena nilai yang akan disimpan didalam memori, diperoleh secara langsung dari memori yang lain.

      org 0hStart:MOV A,30h;       end
      Org 0hStart:Mov 70h,#1;put constant 1 into RAM 70h      Mov A, 70h;copy RAM 70 content into Acc      Mov A,#0 ;put constant 0 into Acc       Mov 90h,A ;copy Acc content into RAM 90h      end
Inbyte equ 70hPort1 equ 90h      Org 0hStart:Mov Inbyte,#3;put constant 3 into RAM 70h      Mov A,Inbyte ;copy RAM 70h content into Acc      Mov A,#0 ;Clear accumulator      Mov Port1,A ;copy Acc content into RAM 90h      end
Org 0hMov DPTR,#CharacterStart:Mov A, #0      Inc DPTR      Movc A, @A+DPTR      Mov R0,A      Sjmp StartCharacter:      DB 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9

1.2.3 Indirect Addressing
Indirect addressing adalah mode pengalamatan yang sangat ampuh, yang memberikan fleksibelitas dalam hal transfer data. Indirect addressing juga satu-satunya cara untuk mengakses 128 byte ekstra dari internal RAM yang ditemukan pada keluarga 8052.

MOV A,@R0

Instruksi ini menyebabkan 8051 menganalisa nilai dari register R0. 8051 kemudian akan mengambil data dari akumulator dengan nilai yang berasal dari alamat RAM internal yang ditunjukkan oleh R0. Sebagai contoh, misal R0 akan digunakan untuk menandai alamat RAM 40h yang berisi data 67h. Ketika instruksi diatas, dieksekusi maka 8051 akan melihat nilai dari R0, yang berisi 40h, dan mengirimkan isi RAM 40h (dalam hal ini mempunyai nilai 67h) ke akumulator.

MOV R0,#99h ;
MOV @R0,#01h;

Instruksi tersebut adalah tidak valid. Karena indirect addressing selalu mengacu ke RAM internal, dua instruksi ini akan menulis nilai 01 ke RAM internal alamat 99h pada 8052. Pada 8051 instruksi tersebut akan menghasilkan hasil yang tak terdifinisi, karena 8051 hanya mempunyai internal RAM 128 byte

Org 0hStart:Mov PSW, #0 ; choose register bank 0      Mov R0, #78h; put constant 78h into R0      Mov @R0, #1 ; put contanta 1 into 78h      end
Org 0hStart:Mov PSW,#0; pilih register bank 1      Mov R0,90h; copy RAM 90h content into R0      Mov @R0,#1; put constant 1 into 90h      End      ;          

ย 

ย 

HARDWARE
1.Target
2.Programmer


DASAR TEORI
1.Organisasi Mem
1.1. Mem.Data
1.2. Mem.Prog
1.4. SFR2.Pengalamatan3.Set Instruksi
3.1.Copy Data
3.2.Aritmatika
3.3.Logika
3.4.Lompatan4.Interupsi5.Timer Counter6.Serial Kom.7.Bahasa Assemb.8.Perangkat LunakMIDE dan ISP Soft.

PERCOBAAN 1
LED

PERCOBAAN 2
SAKLAR

PERCOBAAN 3
7 Segmen

PERCOBAAN 4
LCD Character

PERCOBAAN 5
ADC

PERCOBAAN 6
DAC

PERCOBAAN 7
Keypad

PERCOBAAN 8
Motor Stepper

PERCOBAAN 9
Timer Counter

PERCOBAAN 10
Komunikasi Serial

PERCOBAAN 11
Interupsi

PERCOBAAN 12
Keyboard PC

PERCOBAAN 13
Printer Dot Matr.

PERCOBAAN 14
RTC12C887

PERCOBAAN 15
P W M

APLIKASI

ย 

ย 

imageimageimageimage